Knowledge Sharing Dalam Komunitas Praktik Berbasis E-Library Studi kasus: Sekolah Taruna Bakti Kota Bandung

Authors

  • Manar Nazahah Juhana Manajemen Pendidikan Islam, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhamad Fathi Manajemen Pendidikan Islam, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mahfudz Mahfudz Manajemen Pendidikan Islam, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Irawan Manajemen Pendidikan Islam, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.37348/aksi.v2i2.312

Keywords:

Komunitas praktik, E-library, Berbagi pengetahuan, Era digital, Pembelajaran

Abstract

Pentingnya komunitas praktik berbasis e-library dalam era digital untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman di bidang pendidikan. Fokus penelitian ini adalah pada Sekolah Taruna Bakti di Kota Bandung yang menggunakan e-library sebagai platform untuk siswa dan staf sekolah berinteraksi, berbagi, dan mengakses pengetahuan terkait dengan bidang studi mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana e-library memfasilitasi proses berbagi pengetahuan, meningkatkan kolaborasi, dan meningkatkan efektivitas pembelajaran di sekolah tersebut. Selain itu, studi ini juga mencoba mengidentifikasi tantangan yang mungkin dihadapi dalam mengembangkan dan mempertahankan komunitas praktik berbasis e-library di lingkungan pendidikan. Pada penelitian ini menggunakan  metode penelitian kualitatif dan pengamatan melalui website e-library Sekolah Taruna Bakti Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukan komunitas praktik dapat memberikan inovasi pada pelayanan e-library disekolah dan memberikan wawasan dan rekomendasi yang bermanfaat bagi pengelola e-library, staf sekolah, dan pengambil kebijakan pendidikan dalam memperkuat komunitas praktik dan meningkatkan pengelolaan e-library.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Irfani, I.D., Sholeh, M. (2022). Manajemen E-Library Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(5), 1182.

Andika, A. (2023). Meningkatkan Knowledge Sharing Di Organisasi: Studi Literatur Terhadap Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Vknowledge Sharing. Jurnal PASTI, 231.

Arif, I. (2003). Konsep dan Perencanaan Dalam Aotumasi Perpustakaan. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Lumbantobing, P. (2011). Manajemen Knowledge Sharing Berbasis Komunitas. Bandung: Knowledge Management Society Indonesia.

Irfan, A. R. (2014). Sistem Informasi Manajemen. Bandung: Pustaka Setia.

Manahum. (2021). Tinjauan Kepustakaan. ALACRITY: Journal Of Education, 1(2), 2.

Praharsi, Y. (2016). Manajemen Pengetahuan Dan Implementasinya Dalam Organisasi Dan Perorangan. Jurnal Manajemen Maranatha, 78.

Purwono, & Wahyuningsih, S. S. (2011). Perpustakaan dan Kepustakawanan Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka.

Rangan, & Adner. (2001). Digital Library Extension Service. Michigan: University of Michigan.

Rusmana, A. O. (2023). Knowledge sharing dalam komunitas Global Empowerment Steps. Journal of Library and Information Science, 49.

Siswanti, N. P. (2017). Manajemen Pegetahuan: Pendekatan Konsep dan Aplikasi Riset. Yogyakarta: Tim Media Mandala.

Supriyadi. (2016). Community of Practice: Solusi Alternatif Berbagi Pengetahuan Antar Pustakawan. Jurnal Ilmiah Kepustakawanan "Libraria", 20.

Timotius, P. D. (2017). Pengantar Metodologi Penelitian Pendekatan Manajemen Pengetahuan untuk Perkembangan Pengetahuan. Yogyakarta: Penerbit ANDI (Anggota IKAPI).

Downloads

Published

2024-03-27

How to Cite

Nazahah Juhana, M., Fathi, M., Mahfudz, M., & Irawan. (2024). Knowledge Sharing Dalam Komunitas Praktik Berbasis E-Library Studi kasus: Sekolah Taruna Bakti Kota Bandung. AKSI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 150–163. https://doi.org/10.37348/aksi.v2i2.312

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.