Problematika Manajemen Pembiayaan Pendidikan Di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.37348/aksi.v2i2.373Keywords:
Problematika, Manajemen Pembiayaan Pendidikan, IndonesiaAbstract
Penelitian ini dengan tujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis problematika dalam manajemen pembiayaan pendidikan di Indonesia, mengadopsi metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan studi pustaka sebagai pendekatan penelitian. Analisis dimulai dengan mengungkapkan ketidakmerataan alokasi dana pendidikan, yang mengindikasikan distribusi yang tidak merata antar daerah, berpotensi menciptakan ketidaksetaraan akses dan mutu pendidikan. Fokus selanjutnya melibatkan eksplorasi fluktuasi anggaran dan keterbatasan sumber daya keuangan sebagai kendala utama, dengan upaya mencari strategi inovatif dan berkelanjutan dalam pengelolaan keuangan pendidikan. Penelitian ini menggali dampak ketidaksetaraan gender dan disparitas sosial-ekonomi, mengusulkan perlunya program afirmatif dan kebijakan inklusif untuk mengatasi kesenjangan pendidikan. Permasalahan minimnya partisipasi masyarakat dalam pengelolaan dana pendidikan dibahas, dengan penekanan pada peningkatan kesadaran dan keterlibatan masyarakat sebagai solusi potensial. Analisis dampak kebijakan pembiayaan menyoroti kebutuhan akan evaluasi mendalam untuk merumuskan kebijakan yang lebih efektif, sementara penanganan ketidakpastian faktor ekonomi, termasuk inflasi, diajukan sebagai langkah penting dalam menciptakan sistem pembiayaan pendidikan yang adaptif. Dengan menggarisbawahi urgensi penyediaan infrastruktur pendidikan, penelitian ini merekomendasikan investasi yang lebih besar dalam pembangunan fisik dan teknologi pendidikan sebagai bagian integral dari solusi. Secara keseluruhan, penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memahami, mengidentifikasi, dan merumuskan langkah-langkah konkret untuk perbaikan sistem pembiayaan pendidikan di Indonesia.
Downloads
References
A’yun, Q. (2019). Manajemen Pendidikan Dan Pengembangan Pendidikan Islam Kontemporer. Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan, 2(2), 133–140.
Abd Muid, N., & Arfeinia, R. (2020). Kebijakan Pemerintah Terhadap Pendidikan Islam. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 280–298.
Ali, M. (2020). Pendidikan Islam dan Perubahan Sosial. Pustaka Wacana.
Arifin, Z. (2020). Metodologi penelitian pendidikan. Jurnal Al-Hikmah, 1(1).
Damopolii, M. (2015). Problematika Pendidikan Islam dan Upaya-Upaya Pemecahannya. TADBIR Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 68–81.
Darnawaty, F., & Purnamasari, N. (2019). Analisis Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Pertumbuhan Penduduk, dan Aspek Pendidikan terhadap IPM di Sumatera Utara. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 4(2), 103–112.
Dwianto, R., Syapsan, S., & Ekwarso, H. (2022). Analisis Pemanfaatan Alokasi Dana Pendidikan Pada Apbd Kabupaten Kuantan Singingi Untuk Peningkatan Mutu Pendidikan Manusia Sektor Pendidikan Tahun 2011-2020. Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 1005–1019.
Mansyur, M. H. (2012). Kebijakan Pemerintah Tentang Pendidikan Islam. Majalah Ilmiah Solusi, 10(22).
Pitri, T. A., & Anwar, K. (2016). Kolaborasi Pemerintah dan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan: Pendidikan Khusus di Provinsi Riau Tahun 2015-2016. Riau University.
Samputra, P. L. (2020). Analisis dampak kebijakan alokasi dana otonomi khusus bidang pendidikan dan kesehatan terhadap indeks pembangunan manusia di provinsi Papua. Journal Publicuho.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Tantowi, H. A. (2022). Pendidikan Islam di era transformasi global. PT. Pustaka Rizki Putra.
Tilaar, H. A. R. (1992). Manajemen Pendidikan Nasional Kajian Pendidikan Masa depan. Jakarta: PT Remaja Rosda Karya.
Usman, A. S. (2014). Meningkatan Mutu Pendidikan Melalui Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 15(1), 13–31.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nur Indri Yani Harahap, Junaidi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.