Penggunaan Artificial Intelligence (AI) Dalam Meningkatkan Literasi Digital Pada Lembaga Pendidikan Islam

Authors

  • M. Yusuf Sekolah Tinggi Agama Islam Darussalam

DOI:

https://doi.org/10.37348/aksi.v2i2.360

Keywords:

Artificial Intelligence, Literasi Digital, Pendidikan Islam

Abstract

Literasi digital telah menjadi keterampilan penting dalam era digital saat ini. Di lembaga pendidikan Islam, peningkatan literasi digital menjadi suatu kebutuhan mendesak untuk mempersiapkan generasi muda menghadapi tantangan teknologi. Kecerdasan buatan (AI) telah mendapat perhatian luas dalam konteks pendidikan, dan penggunaannya dalam meningkatkan literasi digital semakin menonjol. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana AI dapat digunakan untuk meningkatkan literasi digital di lembaga pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan studi literatur yang melibatkan analisis dan sintesis berbagai sumber literatur terkait penggunaan AI dalam meningkatkan literasi digital. Penelitian dilakukan dengan mengeksplorasi berbagai artikel, buku, dan laporan terkait yang mencakup praktik terbaik, aplikasi, dan dampak penggunaan AI dalam konteks literasi digital di lembaga pendidikan Islam. Hasil studi literatur menunjukkan bahwa penggunaan AI dalam lembaga pendidikan Islam dapat mencakup pembelajaran adaptif, pengenalan bahasa alami, analisis data siswa, dan pembimbingan personal. AI mampu memberikan pengalaman belajar yang disesuaikan dan meningkatkan pemahaman siswa tentang literasi digital. Dengan pendekatan yang tepat, AI dapat membantu mengatasi tantangan literasi digital di lembaga pendidikan Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andrianto Pangondian, R., Insap Santosa, P., & Nugroho, E. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. Sainteks 2019, 56–60. https://seminar-id.com/semnas-sainteks2019.html

Ghufron, M. A. (2018). Revolusi industri 4.0: Tantangan, Peluang dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan. Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 332–337.

Habib, M., Sihombing, U. M., Rahmadani, U., & Wirahayu. (2021). Pentingnya Manajemen Humas di Lembaga Pendidikan Islam. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 269–275.

Hasudungan, A. N., & Kurniawan, Y. (2018). Meningkatkan Kesadaran Generasi Emas Indonesia Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Melalui Inovasi Digital Platform www.indonesia2045.org. Seminar Nasional Multidisiplin 2018 Tema A - Penelitian, 1(September), 51–58. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/snami/article/view/263

Masitoh, S. (2018). Blended Learning Berwawasan Literasi Digital Suatu Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Membangun Generasi Emas 2045. Proceedings of the ICECRS, 1(3), 13–34. https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1377

Muhtadi, A. (n.d.). Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Kualitas dan Efektifitas Pendidikan. iii, 1–10.

Rianto, P. (2019). Literasi Digital Dan Etika Media Sosial Di Era Post-Truth. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(2), 24–35. https://doi.org/10.14710/interaksi.8.2.24-35

Rifa’i dan Fadhli. (2013). Manajemen Organisasi. In Citapustaka (Vol. 53, Nomor 9). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Salmiati, S., & Septiawansyah, R. (2019). Peranan Administrasi Pendidikan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) pada MTs DDI Cilellang Kabupaten Barru. Al-Musannif, Journal of Islamic Education and Teacher Training, 1(1), 47–64. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.2735066

Sherlyanita, A. K., & Rakhmawati, N. A. (2016). Pengaruh dan Pola Aktivitas Penggunaan Internet serta Media Sosial pada Siswa SMPN 52 Surabaya. Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, 2(1), 17. https://doi.org/10.20473/jisebi.2.1.17-22

Sugiono, S. (2022). Peran Chatbot Dalam Mendukung Smart Service pada Smart Library. VISI PUSTAKA: Buletin Jaringan Informasi Antar Perpustakaan, 23(3), 207–220. https://doi.org/10.37014/visipustaka.v23i3.1343

Suragangga, I. M. N. (2017). Mendidik Lewat Literasi untuk Pendidikan Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2), 154–163. http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM/article/view/195

Susyanto, B. (2022). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Era Digital. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 692–705. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1072

Suwardana, H. (2017). Revolusi Industri 4. 0 Berbasis Revolusi Mental. JATI UNIK : Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri, 1(2), 102–110. https://doi.org/10.30737/jatiunik.v1i2.117

Downloads

Published

2024-03-23

How to Cite

Yusuf, M. (2024). Penggunaan Artificial Intelligence (AI) Dalam Meningkatkan Literasi Digital Pada Lembaga Pendidikan Islam. AKSI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 109–118. https://doi.org/10.37348/aksi.v2i2.360

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.