Pengelolaan Sarana dan Prasarana untuk Meningkatkan Pembelajaran Siswa

Penulis

  • Sholihan Sholihan STAI Hasan Jufri Bawean

DOI:

https://doi.org/10.37348/aksi.v1i2.253

Kata Kunci:

implementasi, manajemen sarana dan prasarana, kualitas pembelajaran siswa

Abstrak

Adanya sarana dan prasarana di MTs NU Menara merupakan hal yang sangat berpengaruh dalam menunjang kualitas pembelajaran siswa. Dengan ketersediaannya sarana dan prasarana di lembaga pendidikan maka dapat memudahkan siswa dan guru dalam melangsungkan kegiatan pembelajaran. Sarana dan prasarana yang memadai seperti ketersediaannya perpustakaan dapat dimanfaatkan siswa dalam membantu menunjang kegiatan belajar mengajar. Adapun penggunaan sarana dan prasarana dimanfaatkan baik oleh guru dengan adanya LCD di ruang kelas agar pembelajaran lebih efektif dan tidak membosankan. MTs NU Menara merupakan madrasah yang sarana dan prasarananya memiliki keterbatasan. Sistem pembelajaran yang diterapkan guru di dalam kelas tidak hanya berpacu pada buku mata pelajaran saja yang hanya menggunakan sistem ceramah tetapi seringnya juga memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada di madrasah seperti LCD dan pemanfaatan perpustakaan agar pembelajaran lebih menarik dan tidak membosankan. Sarana dan prasarana di MTs NU Menara yang memiliki keterbasan tidak serta merta melakukan penghapusan sarana prasarana begitu saja. Adapun sarana yang digunakan dalam penghapusan barang ini sangat jarang sekali dilakukan karena barang seperti bangku dan kursi memiliki sifat yang tahan lama. Di MTs NU Menara melakukan penghapusan barang minimal 5 tahun sekali kaplaupun ada barang yang akan dihapus. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui implementasi manajemen sarana dan prasarana dalam menunjang kualitas pembelajaran siswa di MTs Nu Menara Desa Gunungteguh Kecamatan Sangkapura. 2) mengetahui apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat implementasi manajemen sarana dan prasarana dalam menunjang kualitas pembelajaran siswa di MTs Nu Menara Desa Gunungteguh Kecamatan Sangkapura. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif . adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, interview, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi, diplay data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kelengkapan sarana dan prasarana yang memadai maka akan mempermudah proses pembelajaran sehingga lebih efeketif dan efesien dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. 2) faktor pendukung dan penghambat dalam kualitas pembelajaran ini adalah dari dalam madrasah itu sendiri yaitu dengan tersedianya sarana dan prasarana yang memadai maka dapat mendukung proses pembelajaran, sedangkan faktor penghambatnya antara lain yakni kurangnya dana, selain itu yaitu kurangnya kesadaran siswa dalam menjaga sarana dan prasarana di madrasah hal tersebut karena kurangnya rasa memiliki siswa pada diri siswa dalam menggunakan sarana dan prasarana tersebut.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alwi, A., Sarbini, M., & Kohar, A. (2022). Peran Manajemen Sarana dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Smk Bina Sejahtera 4 Kota Bogor. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 1(02), 245–260.

Astagini, R. A., Nadifah, N. I., & Luwihta, A. D. (2022). Penerapan Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. AKSI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 32–43.

Barnawi & Arifin, M. (2012). Manajemen sarana dan prasarana sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Creswell, J. (2012). Research Design: Pendekatan Kualitatif Dan Mixed (p. 20). Pustaka Pelajar.

Febriana, E., Huda, I., & Sarong, M. A. (2020). Guided note taking based on students worksheet effect towards students learning outcome. Journal of Physics: Conference Series, 1460(1), 12073.

Hermino, I. A. (2022). Pengelolaan Kurikulum Berbasis Karakter. CV. AZKA PUSTAKA.

Ismaniati, C. (2010). Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 16.

Khoiriyah, L. (2017). Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Menunjang Prestasi Belajar Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Gabungan Usaha Perbaikan Pendidikan Indonesia (GUPPI) Kalibalangan Lampung Utara. UIN Raden Intan Lampung.

Kirom, A. (2017). Peran guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran berbasis multikultural. Jurnal Al-Murabbi, 3(1), 69–80.

Makmun, A. S. (2004). Psikologi kependidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Minarti, S. (2011). Manajemen sekolah: mengelola lembaga pendidikan secara mandiri. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 24.

Muflihah, F. U. (2013). Manajemen Sarana Prasarana dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran di MTsN Sleman Kab Sleman di Maguwoharjo Yogyakarta. UIN SUNAN KALIJAGA.

Mugirah, M. (2002). Upaya Peningkatan Kualitas Pembelaiaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 6(01).

Muizzudin, M. (2019). Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan Di Sekolah Menengah Pertama Al Hikmah Benda Sirampog Brebes. IAIN Purwokerto.

Mulyasa, E. (2015). Menjadi guru profesional, menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan.

Shobri, M. (2021). Strategi dan Dampak Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Pembentukan Karakter Islami Siswa. CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, 7(2), 285–297.

Shobri, M., & Rifqi, Q. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites di UPT SMP Negeri 19 Gresik. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 3(1), 66–77.

Tabroni, I., Nurhuda, H., Haluti, A., Anwar, K., Rosyidi, M. H., Makmun, S., Aimang, H. A., Masita, M., Harto, B., Shobri, M., Abute, E. La, Haluti, F., Suharyat, Y., Baharuddin, B., Jondar, A., & Sampaleng, D. (2022). Manajemen Pendidikan . In D. Sampaleng (Ed.), Eureka Media Aksara. Eureka Media Aksara.

Yanto, M. (2020). Manajemen kepala Madrasah Ibtidaiyah dalam menumbuhkan pendidikan karakter religius pada era digital. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 8(3), 176–183.

Yulius, M. (2020). Strategi Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Manajemen Sarana Dan Prasarana Pada Smk Negeri 1 Singkawang. Khazanah Pendidikan, 13(2).

Zakiyawati, S. W., & Trihantoyo, S. (2021). Urgensi Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Jenjang Sekolah Menengah Kejuruan. Universitas, 5, 73.

Diterbitkan

2023-03-28

Cara Mengutip

Sholihan, S. (2023). Pengelolaan Sarana dan Prasarana untuk Meningkatkan Pembelajaran Siswa. AKSI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 124–142. https://doi.org/10.37348/aksi.v1i2.253

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.