Implementasi Pendidikan Profetik di Pondok Pesantren Kiai Mojo Tembelang Jombang
DOI:
https://doi.org/10.37348/aksi.v1i3.306Kata Kunci:
Prophetic Education, Islamic Boarding School, Humanization, Liberation, TranscendentAbstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan pendidikan profetik di Pondok Pesantren Kiai Mojo Tembelang Jombang. Studi ini dilakukan secara kualitatif dengan menggunakan studi kasus. Hasil studi menunjukkan adanya tiga pilar kemandirian bagi para santri di Pondok Pesantren Kiai Mojo Tembelang Jombang, yaitu mandiri ibadah, mandiri ilmu, dan mandiri ekonomi. Derivasi profetik diambil dari surat At-Taubah ayat 128 dan Ali Imran ayat 110. Konsep humanisasi yang melibatkan sifat penyantun, penyayang, dan amar ma'ruf terkait erat dengan pilar mandiri ilmu untuk membentuk santri yang memiliki akhlak mulia. Konsep liberasi yang muncul dari rasa tidak tega terhadap penderitaan umat manusia lalu melakukan upaya nahi munkar berperan penting dalam membentuk santri yang berkomitmen pada amal saleh sebagai implementasi dari pilar mandiri ekonomi. Konsep transenden yang mencakup keinginan kuat untuk beriman kepada Allah Swy dan mencapai keselamatan umat manusia berhubungan dengan pilar ibadah yang berupaya membentuk santri memiliki kesadaran tauhid, menjaga kesucian, dan selalu berzikir. Pondok Pesantren Kiai Mojo Tembelang Jombang menginternalisasikan nilai profetik dalam surat At-Taubah ayat 128 dalam konteks personal-individual, kemudian mentransformasikannya melalui pemaknaan surat Ali Imran ayat 110 dalam konteks komunal-sosial, dengan tujuan mencapai cita-cita umat yang terbaik (khoiru ummah).
Unduhan
Referensi
Baso, A., Asy’ari, H. K. H., & Tebuireng, J. (2019). KH. Hasyim Asy’ari: Guru Para Kiai Pesantren Dan “Warana” Kearifan Nusantara. Pengabdian Seorang Kyai Untuk Negeri.
BBC.com. (2016). Anak-anak muda Indonesia makin radikal? - BBC News Indonesia. Bbc.Com. https://www.bbc.com/indonesia/berita_indonesia/2016/02/160218_indonesia_radikalisme_anak_muda
Farida, U. (2015). Radikalisme, Moderatisme, Dan Liberalisme Pesantren: Melacak Pemikiran Dan Gerakan Keagamaan Pesantren Di Era Globalisasi. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(1). https://doi.org/10.21043/edukasia.v10i1.789
Fuad, A. N. (2009). SEKULARISASI POLITIK Pengalaman Amerika Serikat dan Dunia Islam. Jurnal Salam, 12(2). https://ejournal.umm.ac.id/index.php/salam/article/view/445%0Ahttps://ejournal.umm.ac.id/index.php/salam/article/download/445/452
Heddy Shri Ahmisa-Putra. (2017). Paradigma Profetik: Epistemologi, Etos, dan Model. Gadjah Mada University Press.
Imam Alfi. (2020). Strategi Pesantren dalam Pemberdayaan Masyarakat pada Era Generasi 4.0. Matan: Journal of Islam and Muslim Society, 2(1), 26–39. https://www.academia.edu/download/62188983/document_520200224-15126-1n0yq29.pdf
John W. Creswell. (2010). Pendekatan Kualitatif, Kuantitatof dan Mixed Methode (Achmad Fuadi (ed.); III). Pustaka Pelajar.
Kamba, M. N. (2018). Telaah Historis Atas Sirah Nabi Muhammad SAW: Sejarah Perjuangan, Peperangan, dan Kesehatan (D. fi al sirah al nabawiyyah terj: Husein Mu’nis (ed.)). Mizan.
Kuntowijoyo. (1996). Paradigma Islam: Interpretasi untuk Aksi. 7 ed. Mizan.
____________. (2001). Muslim Tanpa Masjid, Essai-Essai Agama, Budaya, dan Politik dalam Bingkai Strukturalisme Transedental. Mizan.
Kuntowijoyo. (2007). Islam sebagai Ilmu Epistemologi, Metodologi, dan Etika. Tiara Wacana.
Masduki, M. (2017). PENDIDIKAN PROFETIK; Mengenal Gagasan Ilmu Sosial Profetik Kuntowijoyo. TOLERANSI: Media Ilmiah Komunikasi Umat Beragama, 9(1), 1. https://doi.org/10.24014/trs.v9i1.4320
Maulana, A. H., Suteja, S., Mahfudz, M., & Munjiat, S. M. (2021). Keteladanan Kyai dalam Pembentukan Akhlak Sosial Santri Pondok Pesantren As-Sanusi Babakan Ciwaringin Kabupaten Cirebon. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 6(1), 103–119. https://doi.org/10.15575/ath.v6i1.9682
Maulani, R. (2021). Pendidikan Profetik Di Pesantren Luhur Ilmu Hadits Darus Sunnah Ciputat. Tarbawi : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 4(2), 198–209. https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi/article/view/265
Moh.Roqib. (2016). Prophetic Education: Fisafat Pendidikan Profetik: Pendidikan Islam Integratif dalam Perspektif Kenabian Muhammad. Pesma An-Najah Press.
Mukaffan. (2013). Trend Edutainment Dalam Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Tadrîs, 8(2), 306–320.
Mustaan, & Rifai, D. M. (2022). Manajemen Kepemimpinan Dan Pembaharuan Yang Dilakukan Kyai Di Pondok Pesantren Al Muayyad Surakarta. Jurnal Ilmiah Edunomika, 6(2), 2022. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jie/article/view/5703
Muttaqin, H. (2016). Menuju Sosiologi Profetik. Jurnal Sosiologi Reflektif, 10(1), 219. https://doi.org/10.14421/jsr.v10i1.1147
Noor, M. (2019). Gaya Kepemimpinan Kyai. Jurnal Kependidikan, 7(1), 141–156. https://doi.org/10.24090/jk.v7i1.2958
Ridlwan, N. A. (2020). Upaya Preventivisasi Kemunculan dan Merebaknya Aliran Keagamaan Menyimpang. Lontar Mediatama.
Satria, R. (2019). Intelektual Pesantren: Mempertahankan Tradisi Ditengah Modernitas. Turast: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian, 7(2), 179.
Sayyidi, S., & Sidiq, M. A. H. (2020). Reaktualisasi Pendidikan Karakter di Era Disrupsi. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(1), 105. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v3i01.520
Shiddiq, N., & Haryanto, S. (2014). Humanisme pendidikan pesantren. Manarul Qur’an. Jurnal Ilmiah Studi Islam, 14(1), 1–15.
Tim PPIM UIN Syarif Hidayatullah. (2017). Api dalam sekam, Keberagamaan Muslim Gen Z. In Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM) UIN Syarif Hidayatullah.
Umam, M. K. (2018). Reconstruction of Integrative Islamic Education in The Transformative Profetical Education Framework. In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars. Jurnal Riset Entrepreneurship, 1(2), 511–520.
Washil, S. (2020). Mentradisikan Nilai-Nilai Budaya Pesantren (Panca Jiwa Pesantren) Dalam Kehidupan Bermasyarakat. Islamic Akademika : Jurnal Pendidikan & Keislaman, 7(1), 110–126.
Wiyono, & Fitri, D. (2018). Dimensi Humanisme Teosentris Pendidikan Islam: Tinjauan Mazhab Filsafat Pendidikan Islam Peripatetik, Iluminasi dan Sufi. Jurnal Vicratina, 3(1), 109–122.
Yahya, M. S., Ulfah, O. A. H., & Siswadi, S. (2023). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN EKO-PROFETIK DI PONDOK PESANTREN. JURNAL PENDIDIKAN ISLAM AL-ILMI, 6(1), 131–145.
Ziyyulhaq dan Ahmad Luthfi. (2020). Kitab Muhammad an-Nabi. Waskita Jawi.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Ach. Saifullah, Imam Fuadi, Ahmad Tanzeh

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.









