Peran Kepala Madrasah sebagai Leader Visioner: Strategi Penguatan Mutu dan Integritas Lembaga Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.37348/aksi.v3i3.720Kata Kunci:
visionary leadership, madrasah head, Islamic education culture, quality and integrityAbstrak
Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya kepemimpinan visioner kepala madrasah dalam menghadapi tantangan globalisasi, tuntutan mutu pendidikan, serta kebutuhan akan integritas dan karakter di lembaga pendidikan Islam. Topik ini menjadi krusial karena kepala madrasah berperan strategis dalam membangun budaya organisasi yang inklusif, efektif, dan berintegritas, sekaligus memastikan integrasi nilai-nilai spiritual dan budaya lokal dalam penguatan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep dan karakteristik kepemimpinan visioner kepala madrasah, peran strategisnya dalam membangun budaya organisasi, tantangan serta solusi implementasi, dan integrasi nilai-nilai spiritual serta budaya madrasah dalam penguatan mutu dan integritas lembaga pendidikan Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan kualitatif, mengkaji berbagai hasil penelitian terdahulu, artikel ilmiah, dan dokumen relevan. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan secara sistematis. Hasil utama penelitian menunjukkan bahwa kepala madrasah visioner mampu merumuskan visi-misi yang inspiratif, membangun budaya organisasi yang kolaboratif dan adaptif, serta mengintegrasikan nilai-nilai spiritual dan budaya lokal dalam setiap aspek pengelolaan madrasah. Tantangan utama yang dihadapi meliputi resistensi perubahan, keterbatasan sumber daya, dan pengaruh globalisasi, namun dapat diatasi melalui komunikasi efektif, pemberdayaan SDM, inovasi, dan kolaborasi dengan berbagai pihak. Kesimpulannya, kepemimpinan visioner kepala madrasah sangat menentukan mutu dan integritas lembaga pendidikan Islam. Implikasi dari penelitian ini menekankan pentingnya penguatan kompetensi kepemimpinan, pengembangan jejaring kolaborasi, serta integrasi nilai-nilai spiritual dan budaya dalam setiap kebijakan madrasah. Rekomendasi diberikan agar pengembangan kepemimpinan madrasah ke depan lebih adaptif, inovatif, dan berorientasi pada pembentukan karakter serta daya saing global.
Unduhan
Referensi
Ambiya, M. S., Syukri, A., & US, K. A. (2021). Manajemen Kepala Madrasah (Upaya Peningkatan Budaya Kerja Guru). Penerbit K-Media.
Darmansyah, R., & Al Amiri, A. R. (2025). Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di Madrasah Aliyah IttihadulKhoiriyah Desa Muaro Jambi Kecamatan MaroSebo Kabupaten Muaro Jambi. Arus Jurnal Pendidikan, 5(1), 1–10.
Evanirosa, Christina Bagenda, Hasnawati, Fauzana Annova, Khisna Azizah, Nursaeni, … Muwafiqus Shobri. (2022). Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research). Media Sains Indonesia. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=vrp_EAAAQBAJ
Fitriah, B., Wildan, W., & Khusniyah, N. L. (2024). Strategi Kepala Sekolah-Madrasah Dalam Membangun Keunggulan Kompetitif. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
Fitriyanti, R., & Sirozi, M. (2024). Perencanaan Peningkatan Mutu dan Relevansi Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(3), 485–491.
Gafur, A., Ubaidillah, M., Rismanto, D., Shobri, M., Andrianto, D., Musthan, H. Z., & ‘ah, R. (2022). Metode Penelitian Kualitatif dalam Manajemen Pendidikan Islam. Tangerang: Media Sains Indonesia. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=o0GhEAAAQBAJ
Handoko, B. T. (2024). Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) dalam perspektif Total Quality Management (TQM) di MAN 2 Banyumas. Universitas Islam Negeri Saifuddin Zuhri (Indonesia).
Handoko, Y. H. Y. (2023). Disiplin dan nilai-nilai religius dalam membentuk perilaku tagguh dan tanggung jawab. Indonesian Journal of Islamic Religious Education, 1(2), 201–212.
Harsoyo, R. (2022). Teori kepemimpinan transformasional Bernard M. Bass dan aplikasinya dalam peningkatan mutu lembaga pendidikan Islam. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 3(2), 247–262.
Hendrik Dewantara, S. E. (2024). Membangun masa depan pendidikan: Inovasi dan tantangan dalam sertifikasi guru di Indonesia. PT Indonesia Delapan Kreasi Nusa.
Husna, R., & Lellya, I. (2023). Sistem Informasi Manajemen Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kabupaten Kotawaringin Timur. Adiba: Journal Of Education, 3(2), 292–303.
Khasanah, U., Rahmawati, S., Fitriani, F., Nuzulla, A. F., & Laksana, M. A. S. (2023). Mewujudkan Kesadaran Baru Dan Perubahan Positif Di Komunitas Mahasiswa Melalui Pelatihan Menulis Makalah Ilmiah. Welfare: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(4), 681–686.
Khaulah, S., Komariah, A., Sa’ud, U. S., & Marwan, M. (2025). Model Kepemimpinan Visioner Berbasis Integritas Dan Profesionalitas: Strategi Peningkatan Mutu Smk. Star Digital Publishing, Yogyakarta-Indonesia.
Lellya, I. (2025). Peran Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dalam Implementasi Manajemen Pendidikan Modern. JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 394–406.
Lubis, S. E. F. (2023). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar Negeri 104230 Tanjung Sari. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat, 3(1), 77–87.
Mahmudiyah, A., & Mulyadi, M. (2021). Pembentukan Karakter Religius Di Madrasah Ibtidaiyah Berbasis Pesantren. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 2(1), 55–72.
Mudzakir, D. (2016). Implementasi Supervisi Manajerial dan Akademik Pengawas dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Madrasah Ibtidayah. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 10(02), 33–47.
Musrin, M. P. (2022). Kepemimpinan Visioner Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Multi Pustaka Utama, IAINU Kebumen Press.
Muwahhidah, A. (2024). Strategi Visioner Kepala Sekolah dalam Membangun Sekolah Unggul di SMAN 1 Jenangan Ponorogo. IAIN Ponorogo.
Nada, L. Q. (2021). Peran Kepemimpinan Visioner Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan (Studi Kasus Di Mts Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo). Iain Ponorogo.
Nugroho, R. (2024). Budaya Organisasi Yang Mendorong Inovasi Kerja. Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (Online), 5(2), 882–893.
Saba, U. U. (2024). Membangun Budaya Organisasi pada Pembelajaran di Sekolah. JME Jurnal Management Education, 2(02), 64–70.
Sahara, P. (2023). Kepemimpinan Visioner Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Kreativitas Peserta Didik Di MTs Islamiyah Tamiang. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Saputra, M. A. W., Nur, M. D. M., & Syahid, A. (2025). Implementasi Prinsip-Prinsip Manajemen Islam dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan: Studi pada Madrasah Aliyah di Indonesia. Jurnal Integrasi Manajemen Pendidikan, 4(1), 13–22.
Sastraatmadja, A. H. M., Nawawi, A., & Rivana, A. (2024). Supervisi pendidikan Islam: Konsep dasar dan implementasi nilai-nilai Islami. Penerbit Widina.
Shobri, M. (2021). Strategi dan Dampak Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Pembentukan Karakter Islami Siswa. CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, 7(2), 285–297.
Shobri, M., Durriyah, D., & Hesham, B. (2023). Kepuasan Wali Santri Terhadap Pelayanan Pendidikan. Jurnal Inovatif Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 22–34.
Subni, M., Putri, A. P., Restiawati, Y., Pelealu, N. C. O. M., & Dwiyono, Y. (2024). Implementasi Kepemimpinan Visioner dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. SISTEMA: Jurnal Pendidikan, 5(1).
Sunardi, S., Munfarida, I., & Munir, N. (2025). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Perempuan dalam Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 5(1), 43–56.
Syarifuddin, S., Siahaan, A., & Arsyad, J. (2023). Implementasi Budaya Madrasah Dalam Meningkatkan Karakter Siswa (Best Practice Timepak di Madrasah Aliyah Persiapan Negeri 4 Medan). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(04).
Syihabuddin, M. A. (2019). Budaya Organisasi lembaga pendidikan dalam perspektif islam. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 110–119.
Umayah, S. (2015). Upaya Guru dan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Daya Saing Madrasah. Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 7(2), 259–288.
Wahid, A. T., Sadiyah, A. F., Rosa, A., Tsanya, A. Z., Fitriana, A. A., & Kazandra, B. (2025). Peran Hubungan Masyarakat dalam Membangun School Branding di Satuan Lembaga Pendidikan. Proceedings Series of Educational Studies.
Yuliyana, D., & Hendrawati, T. (2025). Integrasi Nilai Keislaman dalam Manajemen Mutu Pendidikan. Action Research Journal Indonesia (ARJI), 7(2), 753–761.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Muwafiqus Shobri

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.









