Implementasi Manajemen Peserta Didik Dalam Meningkatkan Layanan Pembelajaran

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.37348/aksi.v1i2.247

Kata Kunci:

manajemen peserta didik, madrasah, layanan pembelajaran

Abstrak

Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah implementasi manajemen peserta didik dalam meningkatkan layanan pembelajaran siswa di MTs. Miftahul Huda Kepuhteluk Kecamatan Tambak. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan implementasi manajemen peserta didik di MTs. Miftahul Huda Kepuhteluk Kecamatan Tambak, (2) Mendeskripsikan upaya yang dilakukan madrasah dalam meningkatkan layanan pembelajaran siswa di MTs. Miftahul Huda Kepuhteluk Kecamatan Tambak, dan (3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat manajemen peserta didik dalam meningkatkan layanan pembelajaran siswa di MTs. Miftahul Huda Kepuhteluk. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi manajemen peserta didik di MTs. Miftahul Huda Kepuhteluk dilakukan melalui kegiatan fungsi manajemen, yakni planning, organizing, actuating, dan controlling. (2) Upaya yang dilakukan sekolah dalam meningkatkan layanan pembelajaran siswa, yaitu guru sudah menggunakan metode ceramah, metode tanya jawab, metode praktek. (3) Faktor pendukung yaitu dari segi guru yang sudah memiliki gelar sarjana, sedangkan faktor penghambat berasal dari peserta didik yang berIQ rendah

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abidin, Z. (2015). Layanan Bimbingan Belajar Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Proses Belajar-Mengajar. Ta’dib, 18(2), 163–172. http://dx.doi.org/10.31958/jt.v18i2.288

Ahmadi, A., & Supriyono, W. (2008). Psikologi Belajar. In PT. Rineka Cipta.

Badrudin, B. (2014). Manajemen Peserta Didik. In Indeks (Issue 5). Indeks.

Badrudin, B., Alamsyah, M., Maulana, F. A., Huda, M. Y., & Nurfitriah, I. (2022). Manajemen Peserta Didik dalam Meningkatkan Kualitas Madrasah dan Prestasi Peserta Didik Sekolah MIS At-Taqwa Bandung. AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal), 32(2), 150–159. http://dx.doi.org/10.24235/ath.v32i2.11800

Cahyani, S. S. A., Timan, A., & Sultoni, S. (2019). Manajemen pelatihan kewirausahaan bagi peserta didik di kampoeng kidz. JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 2(1), 1–9. http://dx.doi.org/10.17977/um027v2i22019p1

Fathurrochman, I. (2022). Implementasi Manajeman Peserta Didik Dalam Meningkatkan Mutu. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 7(2), 129–136. https://doi.org/10.15575/isema.v7i2.20003

Gafur, A., Ubaidillah, M., Rismanto, D., Shobri, M., Andrianto, D., Musthan, H. Z., & ‘ah, R. (2022). Metode Penelitian Kualitatif dalam Manajemen Pendidikan Islam. Media Sains Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=o0GhEAAAQBAJ

Gusti, G., & Karnati, N. (2021). Manajemen Peserta Didik dalam Upaya Peningkatan Kualitas Sekolah: Systematic Literature Review. Intizar, 27(2), 127–135. https://doi.org/10.19109/intizar.v27i2.10249

Hidayat, A., & Machali, I. (2012). Pengelolaan pendidikan: konsep, prinsip, dan aplikasi dalam mengelola sekolah dan madrasah. Kaukaba.

Kasim, N. F., Nadar, N., Syarif, I., Saleha, S., Elihami, E., & Mahyuddin, M. J. (2022). Penerapan Model Think Pair Share (TPS) Berbantuan LKPD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 3(2), 629–640.

Linnas, A. A. S. (2019). IMPLEMENTASI MANAJEMEN PESERTA DIDIK Studi Kasus di Sekolah MA Al-Hikmah Way Halim Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung.

Mariyaningsih, N., & Hidayati, M. (2018). Bukan Kelas Biasa: Teori dan Praktik Berbagai Model dan Metode Pembelajaran menerapkan inovasi pembelajaran di kelas-kelas inspiratif. CV Kekata Group.

Maulana, S., Ibrahim, T., & Khoiruddin, H. (2022). Pemasaran Madrasah Hubungannya dengan Jumlah Peserta Didik Baru. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 7(1), 13–24. https://doi.org/10.15575/isema.v7i1.13773

Moleong, L. J. (1989). Motodologi Penelitian Kualitatif (Terjemah). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muspawi, M. (2020). Memahami Konsep Dasar Manajemen Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(3), 744–750. http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v20i3.1050

Permana, W. A. (2020). Manajemen Rekrutmen Peserta Didik Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan‎. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 5(1), 83–96. https://doi.org/10.15575/isema.v5i1.5989

Prasetya, I., Ulima, E. T., Jayanti, I. D., Pangestu, S. G., Anggraeni, R., & Arfiah, S. (2019). Kegiatan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Kelurahan Bolong Karanganyar. Buletin KKN Pendidikan, 1(1), 30–34. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i1.9286

Rahman, M. H. (2017). Implementasi Manajemen Peserta Didik Di MA Ma’arif 04 Kalirejo Lampung Tengah. IAIN Raden Intan Lampung.

Rezeki, T. I., Sagala, R. W., & Damanik, R. (2018). The Correlation Between Students’learning Styles And Students’english Linguistic Intelligence. Serunai: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 3(2), 1–6. https://doi.org/10.37755/sjip.v3i2.21

Rifa’i, M., Ananda, R., & Fadhli, M. (2018). Manajemen peserta didik (Pengelolaan peserta didik untuk efektivitas pembelajaran). Cv. Pusdikra Mitra Jaya.

Royhatudin, A., Supardi, S., & Juhji, J. (2020). Transformational Leadership Style in Implementing Madrasa Based Management. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 6(01), 69–80. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v6i01.2187

Rusmaniah, R., Mardiani, F., Handy, M. R. N., Putra, M. A. H., & Jumriani, J. (2021). Social Services Based on Institutional for Youth Discontinued School. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 151–158.

Ruwaidah, R. (2021). Pengaruh Layanan Informasi Dalam Bidang Bimbingan Belajar Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas XI TAV di SMK Negeri 2 Kudus. IAIN Kudus.

Sabrifha, E. (2022). Bibliometric Analysis of Islamic Education Management. Jurnal Administrasi Pendidikan Dan Konseling Pendidikan, 3(2), 49–57. http://dx.doi.org/10.24014/japkp.v3i2.19459

Setiawan, H. R. (2021). Manajemen Peserta Didik:(Upaya Peningkatan Kualitas Lulusan (Vol. 1). Umsu Press.

Shobri, M., Nisa’, F., & Firdaus, J. (2022). Implementasi Manajemen Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatkan Minat Peserta Didik Baru di Madrasah Idtidaiyah. Al Yazidiy: Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 4(2), 12–22. https://doi.org/10.55606/ay.v4i2.30

Sibagariang, D., Sihotang, H., & Murniarti, E. (2021). Peran guru penggerak dalam pendidikan merdeka belajar di indonesia. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 88–99.

Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Deepublish.

Sugiyono, S., & Lestari, P. (2021). Metode Penelitian Komunikasi (Kuantitatif, Kualitatif, dan Cara Mudah Menulis Artikel pada Jurnal Internasional). Alvabeta Bandung, CV.

Sukardi, D. K. (2016). Pengantar pelaksanaan program bimbingan dan konseling disekolah. Rineka Cipta.

Suyanto, B. (2010). Masalah sosial anak. Kencana.

Terry, G. R. (2021). Dasar-Dasar Manajemen Edisi Revisi. Bumi Aksara.

Umam, M. K. (2019). Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Manajemen Peserta Didik. Jurnal Al-Hikmah, 6(2), 62–76.

Zulkarnain, W. (2022). Manajemen Layanan Khusus di Sekolah. Bumi Aksara.

Diterbitkan

2023-03-27

Cara Mengutip

Shobri, M., Rivaldo, W., & Zainab, S. (2023). Implementasi Manajemen Peserta Didik Dalam Meningkatkan Layanan Pembelajaran. AKSI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 108–123. https://doi.org/10.37348/aksi.v1i2.247

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.