ANALISIS KONSEP KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN IBNU QAYYIM AL-JAUZIYYA
DOI:
https://doi.org/10.37348/aksi.v2i1.383Kata Kunci:
leadership, education, ibnu qayyim al jauziyyahAbstrak
Kepemimpinan sebagai bagian dari manajemen memiliki peranan dan kedudukan yang strategis dan dominan dalam mengelola suatu organisasi. Ibnu Qayyim al Jauziyyah dalam karyanya menjelaskan bahwa objek utama dari kegiatan Pendidikan Islam adalah manusia dengan semua unsur yang melengkapinya yaitu ruh, akal, dan jasadnya, ketiga hal tersebut sepatutnya diberikan pengembangan sesuai dengan daya masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu tentang model manajemen kepemimpinan Pendidikan Islam Ibnu Qayyim al Jauziyyah dan kaitannya dengan Pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (Library Research). Model kepemimpinan Ibnu Qayyim Al Jauziyyah bersumber pada Al Qur’an dan al Sunnah yang relevan dan dapat menyesuaikan dari masa ke masa. Dalam teori model kepemimpinan, sejalan dengan model kepemimpinan transformasional
Unduhan
Referensi
Haris Muslim. Pemikiran Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah (W 751 H/1350 M) tentang Perubahan Fatwa dan Relevansinya dengan Penerapan Hukum Islam di Indonesia. Al Mashlahah Jurnal Hukum Islam dan Pranata Sosial Islam
Ifarida Wahyuningsih. (2020). Model Kepemimpinan Pendidikan Islam Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah. Tesis. Pasca Sarjana UIN Suska Riau
Jaja Jahari, Rusdiana. (2020). Kepemimpinan Pendidikan Islam. Yayasan Darul Hikam, Bandung.
Makmudi, Ahmad Tafsir, Ending Bahruddin, Akhmad Alim. (2018). Pendidikan Jiwa Perspektif Ibn Qayyim Al JAuziyyah. Ta’dibuna, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 7. No. 1 April 2018, p-ISSN 2252-5793, DOI: 10.32832/tadibuna v711.1366
Muhammad Wahdini, Norcahyono, Ariyadi. (2022). Relasi Budaya Suap dan Perilaku Koruptif: Telaah Pemikiran Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah tentang Rakyat dan Pemimpin. Proceding of F-ICIS, IAIN Palangka Raya, August 23-24, 2022.
Siti Masfiyah Ngadin. (2022). Kepemimpinan yang Efektif dalam Manajemen Pendidikan. Jurnal Edu-Leadership, Volume 1 Nomor 2, Agustus – Januari 2022
Sudaryono. (2019). Metodologi Penelitian. Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Edisi Kedua. Rajawali Pers. Depok
Sukarman Purba, Wiputra Cendana, Darmawati, Salamun, Iskandar Kato, Jossapat Hendra Prijanto, H. Cecep, Karwanto, Pagar Sianipar. (2021). Kepemimpinan Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.
S. Margono. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta
Umar Sidiq, Khoirussalim. (2021). Kepemimpinan Pendidikan. CV. Nata Karya, Ponorogo
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Yanti Fatmariyanti, Anis Fauzi, Machdum Bachtiar

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.









