Implementasi Manajemen Strategik dalam Meningkatkan Pendidikan Islam di Indonesia

Penulis

  • Muhamad Iqbal UIN Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Zulfani Sesmiarni UIN Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.37348/aksi.v3i2.385

Kata Kunci:

Manajemen Strategik, Pendidikan Islam, Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengimplementasikan manajemen strategik dalam meningkatkan pendidikan Islam di Indonesia. Dengan memulai dari analisis mendalam terhadap kondisi pendidikan Islam, penelitian ini mengidentifikasi permasalahan dan potensi yang ada dalam sistem pendidikan tersebut. Tujuan penelitian melibatkan pengembangan kurikulum yang relevan, pelatihan dan pengembangan guru, pemanfaatan teknologi pendidikan, keterlibatan masyarakat, dan penerapan sistem monitoring dan evaluasi berkelanjutan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi pustaka sebagai landasan utama. Data dikumpulkan melalui tinjauan literatur untuk mendukung analisis dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen strategik dapat menciptakan perubahan positif dalam kualitas pendidikan Islam di Indonesia. Melibatkan seluruh pihak terkait, termasuk pemerintah, lembaga pendidikan, guru, masyarakat, dan orang tua, merupakan kunci untuk mencapai hasil yang optimal dalam meningkatkan pendidikan Islam secara holistik dan berkelanjutan. Kesimpulan penelitian ini memberikan pandangan yang komprehensif tentang bagaimana manajemen strategik dapat menjadi solusi efektif dalam mengatasi tantangan dan memajukan pendidikan Islam di Indonesia.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ali, M. (2020). Pendidikan Islam dan Perubahan Sosial. Pustaka Wacana.

Arifin, Z. (2020). Metodologi penelitian pendidikan. Jurnal Al-Hikmah, 1(1).

Aspi, M., & Syahrani, S. (2022). Profesional guru dalam menghadapi tantangan perkembangan teknologi pendidikan. Adiba: Journal of Education, 2(1), 64–73.

Budiman, S., & Suparjo, S. (2021). Manajemen Strategik Pendidikan Islam. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(3).

Gafur, A., Ubaidillah, M., Rismanto, D., Shobri, M., Andrianto, D., & Musthan, H. Z. (2022). Metode Penelitian Kualitatif dalam Manajemen Pendidikan Islam. Media Sains Indonesia.

Hamzah. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Hermawati, H. (2022). Peningkatan kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran melalui monitoring evaluasi berkelanjutan. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 3(1), 31–35.

Kusumah, J. R. (2020). Usulan Perumusan Strategi Perusahaan Dengan Analisis Swot Untuk Pencapaian Target Penjualan Cat. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 1(5), 475–489.

Mansyur, M. H. (2012). Kebijakan Pemerintah Tentang Pendidikan Islam. Majalah Ilmiah SOLUSI, 10(22).

Margareta, R. T. E., Ismanto, B., & Sulasmono, B. S. (2018). Strategi Pemasaran Sekolah Dalam Peningkatan Minat Peserta Didik Berdasarkan Delta Model. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 1–14.

Rachman, F. (2021). Modernisasi Manajemen Pendidikan Islam. IRCiSoD.

Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.

Rohani, I. (2020). Pendidikan Agama Islam untuk Difabel. Gestalt Media.

Samputra, P. L. (2020). Analisis dampak kebijakan alokasi dana otonomi khusus bidang pendidikan dan kesehatan terhadap indeks pembangunan manusia di provinsi Papua. Journal Publicuho.

Santoso, R., Munawi, H. A., & Nevita, A. P. (2020). Analisa perilaku konsumen: Strategi memenangkan persaingan bisnis di era ekonomi digital. Jurnal G-Tech, 4(1), 286–293.

Shobri, M., Owon, R. A. S., Ramadina, E., Yalida, A., & Karimah, F. (2023). Manajemen Pendidikan. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Suci, I. G. S., Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2020). Pengantar Sosiologi Pendidikan. Pasuruan: Qiara Media.

Suwarno, S. A. (2021). Manajemen Pendidikan‎ Islam: Teori, Konsep Dan‎ Aplikasinya Dalam Lembaga‎ Pendidikan Islam. Penerbit Adab.

Syamsuri, A. S., & Md, A. (2021). Pendidikan Guru dan Pembelajaran. Nas Media Pustaka.

Tabroni, I., Nurhuda, H., Haluti, A., Anwar, K., Rosyidi, M. H., Makmun, S., ... & Sampaleng, D. (2022). Manajemen Pendidikan.

Tantowi, H. A. (2022). Pendidikan Islam di era transformasi global. PT. Pustaka Rizki Putra.

Trinaldi, A., Bambang, S. E. M., Afriani, M., Rahma, F. A., & Rustam, R. (2022). Analisis Kebutuhan Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Teknologi Infomasi. Jurnal Basicedu, 6(6), 9304–9314.

Usman, A. S. (2014). Meningkatan Mutu Pendidikan Melalui Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 15(1), 13–31.

Usman, H. (2013). Manajemen: teori, praktik, dan riset pendidikan.

Warsah, I. (2020). Pendidikan Islam dalam keluarga: Studi psikologis dan sosiologis masyarakat multi agama desa Suro Bali. Tunas Gemilang Press.

Wijaya, A., & Sumarno, S. (2017). Evaluasi dampak pendidikan dan pelatihan pengembangan keprofesian berkelanjutan guru Matematika di PPPPTK Matematika Yogyakarta. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 127–141.

Yaumi, M. (2016). Pendidikan karakter: landasan, pilar & implementasi. Prenada Media.

Zulkarnaen, Z. (2021). Program Pengawasan dalam Pengembangan Satuan Pendidikan. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 11(1), 79–89.

Diterbitkan

2025-03-21

Cara Mengutip

Iqbal, M., & Sesmiarni, Z. (2025). Implementasi Manajemen Strategik dalam Meningkatkan Pendidikan Islam di Indonesia. AKSI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 89–101. https://doi.org/10.37348/aksi.v3i2.385

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.