Membangun Paradigma Baru: Model Manajemen Pendidikan Islam Berbasis Transformasi Digital

Penulis

  • Fatkurohim UIN Sayyid Ali Rohmatullah Tulungagung
  • Miftakul Arifin UIN Sayyid Ali Rohmatullah Tulungagung
  • Nur Efendi UIN Sayyid Ali Rohmatullah Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.37348/aksi.v3i3.681

Kata Kunci:

Islamic Education Managemen, Digital Transformation, Transformational Leadership, Islamic Digital Culture, Data-Based Evaluation

Abstrak

Transformasi digital dalam pendidikan Islam merupakan keniscayaan strategis di era disrupsi teknologi dan globalisasi informasi. Artikel ini bertujuan untuk merumuskan model manajemen pendidikan Islam yang memadukan prinsip-prinsip nilai keislaman dengan pendekatan digital yang adaptif dan etis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan metode studi kepustakaan, diperkaya oleh data empiris terbatas dari studi kasus LPI Al Azhaar Masjid Baitul Khoir Tulungagung. Hasil kajian menunjukkan bahwa model manajemen digital Islami dapat dibangun melalui lima komponen utama: (1) perencanaan berbasis data, (2) implementasi teknologi adaptif, (3) evaluasi berbasis big data, (4) kepemimpinan transformasional-spiritual, dan (5) budaya organisasi digital Islami. Model ini tidak hanya meningkatkan efisiensi dan akuntabilitas tata kelola lembaga, tetapi juga memperkuat spiritualitas dan karakter peserta didik. Implikasinya, pengembangan budaya adab digital dan literasi teknologi berbasis nilai-nilai Islam menjadi kunci keberhasilan implementasi model ini dalam pendidikan Islam kontemporer.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Al-Attas, S. M. N. (1999). The concept of education in Islam. Kuala Lumpur: ISTAC.

Akhyak. (2017). Transformasi pendidikan Islam: Pendekatan filosofis dan strategis. Malang: UIN Maliki Press.

Anderson, J. (2019). Digital transformation in education: Opportunities and challenges. International Journal of Education and Development Using ICT, 15(1), 1–12.

Davies, B., & Ellison, L. (2006). Strategic direction and development of the school: Key frameworks for school improvement planning. London: Routledge.

Fullan, M. (2007). The new meaning of educational change (4th ed.). New York: Teachers College Press.

Gunawan, H. (2022). Etika digital dalam pendidikan Islam di era Society 5.0. Jurnal Pendidikan Islam Modern, 7(2), 134–148.

Hasan, M., Taufiq, M., & Elmhemit, H. (2023). Digital transformation of Islamic education in pesantren Madura. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, 18(2), 1–16.https://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/tadris/article/view/10535

Jannah, M., Shafika, N., Parsetyo, E. B., & Habib, S. (2023). Transformasi digital dalam manajemen pendidikan Islam: Peluang dan tantangan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darussalam, 5(1), 131–140.

Jaya, A. I. A., Budiyanto, C., Lesnawati, M., Ubaidillah, M., Nurhuda, H., Irwanto, S. P. T., ... & Yusuf, M. (2022). Manajemen Pendidikan Islam: Tinjau Konsep, Kurikulum, dan Sistem Informasi Sekolah. Zahir Publishing.

Juhairiah, S., Yuwono, D., & Kinasih, Q. Y. (2024). Digital transformation in Islamic education: Opportunities, challenges, and its impact on Islamic values. Journal of Vocational Education and Educational Technology Innovations, 1(1), 1–6. https://journal.xsolusi.com/index.php/jveti/article/view/20

Kurniawan, D. (2021). Transformasi digital dalam pendidikan: Analisis pada perguruan tinggi Islam. Jurnal EduTech, 3(2), 45–59.

Moleong, L. J. (2016). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mujamil. (2019). Paradigma baru manajemen pendidikan Islam di era global. Tulungagung: STAIN Press.

Mutohar, P. M., & Masduki. (2016). Visionary leadership: Strategi membangun brand image dan daya saing perguruan tinggi. Tulungagung: STAIN Press.

Nurefendi, N. (2021). Analisis strategi manajemen pendidikan Islam berbasis digital. Jurnal Tarbiyatuna, 9(1), 51–62.

Puentedura, R. R. (2006). Transformation, technology, and education (SAMR Model). https://hippasus.com/resources

Rahman, A., Zaenuri, L., & Rowi, S. (2023). Kepemimpinan etis pada institusi pendidikan. Jurnal Ilmiah Administrasi Pemerintahan Daerah, 15(2), 265–283.

Rhendica, R., & Budianto, K. (2024). Transformasi manajemen pendidikan Islam di era digital: Peran dan tantangan kecerdasan buatan (AI). Borneo Journal of Islamic Education, 4(2), 203–217.

Saifuddin, M., & Rahmawati, E. (2023). Strategi kepemimpinan digital dalam pendidikan Islam. Jurnal Kependidikan Islam, 9(1), 55–70.

Schein, E. H. (2010). Organizational culture and leadership (4th ed.). San Francisco: Jossey-Bass.

Schwab, K. (2017). The fourth industrial revolution. Geneva: World Economic Forum.

Shobri, M. (2024). Peran sistem informasi manajemen pendidikan dalam meningkatkan transparansi dan akuntabilitas di lembaga pendidikan Islam. AKSI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 78-88.

Sulistyorini, S. (2020). Kepemimpinan pendidikan Islam berbasis nilai. Tulungagung: UINSATU Press.

Treviño, L. K., & Nelson, K. A. (2014). Managing business ethics: Straight talk about how to do it right (6th ed.). New York: Wiley.

Yuliati, A. S., Ernawati, S., Saputra, H., & Kurniawan, M. A. (2024). Islamic education management strategy in the digital era: Governance transformation to increase effectiveness and accessibility. International Journal of Islamic Educational Research, 1(4), 27–44. https://international.aripafi.or.id/index.php/IJIER/article/view/67

Yunus, A. M. (2018). Manajemen pendidikan Islam: Teori dan praktik. Jakarta: Kencana.

Yusuf, M. (2024). Aktualisasi nilai-nilai etik dalam budaya organisasi lembaga pendidikan. Aksi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 17–36.

Diterbitkan

2025-07-07

Cara Mengutip

Fatkurohim, Arifin, M., & Efendi, N. (2025). Membangun Paradigma Baru: Model Manajemen Pendidikan Islam Berbasis Transformasi Digital. AKSI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(3), 175–190. https://doi.org/10.37348/aksi.v3i3.681

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.